PENINGKATAN KEMAMPUAN DIRI
15.55.00 | Author: HAEDAR SALMAN

2 Bulan lewat sudah dalam tahun 2009 ini . . . yah tak terasa memang. Namun apa yang telah kita lakukan dalam 2 Bulan ini? Sudahkah kita melakukan rencana rencana perubahan yang telah kita rencanakan sebelumnya? Atau justru malah kita belum merencakan apa apa?

Telah kita rasakan bahwa, tahun 2009 ini dimulai dengan awal yang cukup berat, bayang bayang Global Economic Crisis yang tak kunjung reda, ditambah bayangan akan kebutuhan hidup yang sudah barang tentu akan semakin besar, biaya untuk membuat dapur ngebul (baca: memasak), biaya sekolah anak - anak dan yang tak kalah memusingkan adalah biaya rumah sakit dan obat - obatan jika kita atau keluarga kita sakit (mudah-mudahan kita senantiasa di beri perlindungan dan kesehatan - Amin). 

Dengan berbagai masalah yang menbayang tersebut lalu apa yang harus kita lakukan???

Kebutuhan yang penting dan mendesak adalah kebutuhan hidup keluarga, yang selalu meningkat seiring laju inflasi. Untuk itu kita membutuhkan biaya (dalam hal ini Uang) yang tentu saja juga semakin besar. Dan untuk mendapatkan uang yang besar kita harus bekerja.. bekerja dan hanya bekerja ... 

Dengan bekerja kita akan mendapatkan upah yang bisa kita gunakan untuk membiayai kebutuhan hidup keluarga. Akan tetapi, apakah upah kerja kita juga akan meningkat seiring meningkatnya kebutuhan hidup??? Tentu Tidak semudah itu ... Untuk meningkatkan upah kita harus melalui peningkatan jabatan atau pangkat. Timbul lagi pertanyaan, Bagaimana kita bisa naik jabatan? Apa yang harus dilakukan??? Karena, seperti postingan saya sebelumnya, dalam dunia kerja persaingan itu ada, semua karyawan pingin naik gaji. Lalu gimana caranya supaya kita yang menang dan kita yang naik jabatan. Tak mungkin kan semua karyawan naik jabatan dalam waktu bersamaan?

Untuk itu, kita harus bisa menunjukkan kinerja yang jauh melebihi kinerja karyawan lain, kita harus bisa meningkatkan pengtahuan dan skill kita sehingga perusahaan tempat kita bekerja akan melihat bahwa kita layak untuk naik jabatan. 

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan diri kita:

1. Instropeksi Diri

Kita harus bisa meng instropeksi diri dan perbuatan kita selama ini baik itu di keluarga, masyarakat dan juga di lingkungan kerja. Dari Instropeksi ini, diharapkan kita bisa mencatat apa point yang bagus dan tingkatan yang kita peroleh dan apa yang buruk dan yang bisa menurunkan kinerja kita. Dengan demikian kita bisa merencanakan perubahan - perubahan dan menerapkan nya dengan tepat. 

2. Kemampuan Mengendalikan Diri

Banyak sekali permasalahan yang ditimbulkan dari tidak bisanya kita untuk mengendalikan diri kita sendiri yang bisa meluas dengan tidak bisa mengendalikan keluarga dan pekerjaan kita. Kemampuan mengendalikan diri yang baik akan membawa kita untuk mengambil langkah - langkah dan keputusan - keputusan yang tepat. Sehingga kita akan minimal terhindar dari kesalahan dalam pengambilan keputusan.

3. Keteladanan Melalui Sikap yang Baik

Setelah kita mampu meng instropeksi dan mengendalikan diri, maka kita tinggal memperlihatkannya dalam aktivitas kita sehari - hari. Dalam pekerjaan kita harus bisa menunjukkan hal hal yang positif dengan hasil kerja yang bagus. Dengan demikian kita mampu memimpin keluraga kita dan akhirnya dipercaya untuk memimpin rekan - rekan kita dalam pekerjaan.

4. Jangan Berhenti Belajar

Belajar adalah kunci dari peningkatan pengetahuan dan skill kita. Dengan kita terus tekun belajar, maka kemampuan kita akan terus meningkat. Perlu di ingat bahwa dalam belajar itu, tidak akan ada ujungnya, maka kita harus terus belajar dan belajar... Dunia ini terus berputar, begitu juga kehidupannya juga akan terus berubah. Jika kita berhenti untuk belajar, tentu sudah pasti kita akan tertinggal ... Dalam pekerjaan, jangan lah ragu untuk mempelajari hal - hal baru, karena dengan begitu kita akan mampu menciptakab inovasi - inovasi baru dalam pekerjaan dan pekerjaan - pekerjaan yang awalnya tidak bisa kita kerjakan, pasti akan kita selesaikan dengan baik. Yaitu dengan BELAJAR . . .

5. Disiplin dan Tegas dalam Bertindak

Ketegasan diperlukan dalam pengambilan keputusan hidup, tanpa adanya ketegasan maka kinerja kita pun pasti tidak akan mencapai 100%. Karena keragu-raguan hanya akan menjadi penghambat. Jika kita sudah merencanakan suatu pekerjaan, maka kita harus disiplin dan tegas dalam melaksanakannya, sehingga hasil yang diperoleh pun akan maksimal.

Marilah kita lakukan hal hal di atas secara bertahap, sehingga kita mampu meningkatkan kemampuan diri kita.

"Peningkatan Kesejahteraan memerlukan Peningkatan Penghasilan, Peningkatan Penghasilan memerlukan Peningkatan Kinerja, dan Peningkatan Kinerja memerlukan Peningkatan Kemampuan Diri"

Teruslah berusaha dan tetap semangat

|
This entry was posted on 15.55.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: